Friday, September 21, 2012

Nelayan

Pekerjaan sebagai nelayan adalah pekerjaan berat. Tidak dapat membayangkan pekerjaan lain yang lebih mudah, sesuai dengan keterampilan yang mereka miliki. Keterampilan sebagai nelayan bersifat amat sederhana, dan hampir sepenuhnya dapat dipelajari dari orang tua mereka sejak masih kanak-kanak. 
Banyak ditemui kelompok-kelompok nelayan Pantura yang tetap mampu bertahan hidup dalam menghadapi keadaan yang sangat berat sekalipun, terutama pada masa-masa paceklik. Masyarakat nelayan adalah fakta, bukan hanya sebagai segerombolan tenaga kerja yang menangkap ikan di laut, tetapi sebuah bentuk kehidupan masyarakat yang basis kehidupannya bertumpu kepada laut dan hasil-hasil laut yang ada di dalamnya, yang bersosial, beradab, berbudaya, dan berpikir tentang keberlanjutan masa depan mereka sendiri.
Sumber kehidupan yang berada di laut, mempunyai makna manusia yang akan memanfaatkan sumber hidup tersedia di laut tidak mempertentangkan dirinya dengan hukum-hukum alam kelautan yang telah terbentuk dan terpola seperti yang dilihat dan dirasakan.
Tindakan yang harus dilakukan dan perlu dilaksanakan, adalah mempelajari melalui penglihatan, pengalaman sendiri atau orang lain, guna melakukan penyesuaian alat-alat pembantu penghidupan, sehingga sumber penghidupan itu dapat berguna dan berdaya guna bagi kehidupan selanjutnya.
Laut sebagai bagian dari alam semesta, mempunyai ciri tersendiri dibandingkan dengan bagian alam semesta lainnya, seperti tanah, udara, dan panas matahari. Kecirian yang berbeda nyata antara laut dan tanah, telah memberikan kesempatan kepada manusia untuk mengenalinya lebih dalam. Pengenalan sifat-sifat alam tersebut, telah mendorong manusia untuk bersikap dan berbuat selaras dengan sifat-sifat alam itu.
Kehidupan nelayan yang sudah sangat bergantung kepada lautan, menjadikan mereka secara ekstrem tidak bisa hidup tanpa laut. Pada masa kini, sumber daya lautan yang menjadi harapan untuk hidup mereka telah mengalami perubahan yang sangat mendasar, yakni makin sulitnya mereka memperoleh hasil tangkapan.
Dalam proses pembangunan berbangsa, keikutsertaan masyarakat nelayan adalah mutlak adanya. Karena itu, penanganan masyarakat nelayan tersebut haruslah proporsional dengan potensi dan kemampuan yang mereka miliki.
Adanya pengakuan tentang peranan yang dimiliki nelayan, memberikan peluang lebih besar terhadap keberadaan mereka. Potensi besar yang dimiliki masyarakat nelayan, jika tidak didayagunakan secara optimal dalam mengisi pembangunan adalah kerugian besar bagi masyarakat bangsa ini. Masyarakat nelayan pada umumnya mampu berkiprah secara luas di sektor perikanan, karena usaha-usaha yang telah dijalankan sejak berabad-abad lamanya telah mendarah daging dalam jiwa mereka.
 

No comments:

Post a Comment