Sunday, September 23, 2012

Plesiosaurus


Plesiosaurus

 Jika kita ingat sebuah film tahun 2007 yang berjudul “The Water Horse”, menceritakan tentang seorang anak bernama Angus yang menemukan telur aneh di sebuah teluk di Skotlandia. Telur itu kemudian menjadi seekor kuda air raksasa bernama Crusoe. Crusoe sendiri adalah seekor plesiosaurus, hewan laut pada masa dinosaurus.
Plesiosaurus adalah reptil laut dinosaurus yang memiliki tubuh yang luas dan ekor pendek. Mereka memiliki dua pasang kaki, yang berkembang menjadi sirip besar. Plesiosaurus berevolusi dari nothosaurs, yang memiliki tubuh lebih mirip buaya, jenis utama dari Plesiosaurus terutama dibedakan oleh kepala dan ukuran leher. Anggota Plesiosauroidea seperti Cryptoclididae, Elasmosauridae, dan Plesiosauridae memiliki leher panjang. Kebanyakan pliosaurs dan rhomaleosaurs, memiliki leher lebih pendek dengan kepala, besar memanjang.
Semua plesiosaurus memiliki empat sirip. Ini mereka gunakan untuk bergerak di air dengan kombinasi gerakan mendayung dan gerakan naik-turun. Sirip ekor dan ekor kemungkinan besar digunakan untuk membantu dalam bergerak. Mungkin ada kemiripan dengan metode berenang yang digunakan oleh penguin dan kura-kura, yang masing-masing memiliki dua dan empat sirip.
Secara umum, plesiosaurians adalah salah satu hewan laut terbesar sepanjang masa, dengan ukuran panjang terkecil sekitar 2 m (6,5 kaki). Panjang pliosaurs terbesar adalah sampai dengan 15 m. Plesiosaurus tumbuh lebih lama, Mauisaurus adalah 20 meter panjang. Namun, ichthyosaurus Trias akhir, seperti shastasaurids diketahui telah mencapai panjang 21 m. Hewan laut besar modern seperti paus sperma (20 m), dan terutama ikan paus biru (~ 30 m) semua tumbuh lebih besar dari plesiosaurians yang dikenal saat ini.

No comments:

Post a Comment