Wednesday, October 10, 2012

Organisme Estuari dan Laut


Organisme Estuari dan Laut


Taksonomi utama dari organisme estuari dan laut terbagi menjadi:

- Bakteri         
Merupakan organisme berukuran mikroskopis dan uniselluler dan mempunyai diameter kurang dari 2 µm. Keberadaannya sangat penting bagi keberlangsungan ekosistem organisme estuari dan laut, seperti sebagai dekomposer. Karena pentingnya peran tersebut, sehingga bakteri memainkan fungsi yang sangat penting dalam perputaran nutrien. Disamping itu, bakteri merupakan komponen biota kunci dalam aliran energi.
- Fitoplankton
Merupakan produsen primer laut dunia berupa tumbuhan berukuran mikroskopis dan melayang bebas yang menghuni permukaan air, termasuk yang berada di bawah es di lautan kutub. Organisme ini memiliki bentuk uniselluler, berfilamen atau berfotosintesis. Berdasarkan kelompok taksonominya terbagi menjadi beberapa kelompok utama yaitu diatoms (kelas Bacillariophyceae), dinoflagellates (kelas Pyrrophyceae), coccolithophores (kelas Prymnesiophyceae), and silicoflagellates (kelas Chysophyceae). Fitoplankton memainkan peran penting dalam memulai aliran energi yang sangat berguna di dalam ekosistem organisme estuari dan laut. Dalam produktivitas primer, faktor fisika-kima yang paling dominan mengontrol produksi fitoplankton di perairan laut adalah radiasi matahari dan ketersediaan nutrien. Jumlah radiasi matahari mencapai permukaan laut sangat bergantung lintang. Sementara  itu elemen nutrien yang utama adalah nitrogen, phosphorus, and silicon.
- Zooplankton
Dalam rantai makanan zooplankton berperan sebagai mata rantai antara produsen primer dengan konsumen kedua. Zooplankton mempunyai sifat berenang pasif, terapung atau menentang aliran air dan sebagian kecil yang mempunyai kemampuan untuk berenang. Organisme ini dapat diklasifikasikan berdasarkan taksonomi, ukuran dan daur hidup mereka. Beberapa filum yang umum dominant di komunitas air laut adalah protozoa, cnidarians, molluska, annelida, arthropoda, echinodermata, chaetognaths, dan chordata. Berdasarkan ukuran terbagi menjadi empat kelompok utama: nanozooplankton, microzooplankton, mesozooplankton, and macrozooplankton. Berdasarkan daur hidupnya dibedakan: holoplankton, meroplankton, and tychoplankton.
- Benthos
Benthos adalah organisme yang hidup di dasar laut yang menempel pada sedimen dasar laut. Termasuk di dalamnya adalah benthik flora dan fauna serta terumbu karang. Benthik flora merupakan sekelompok tumbuhan dasar yang mendiami zona intertidal dan daerah dangkal dari estuari dan pesisir pantai. Sementara benthik fauna, yang masuk ke dalam subdivisi dari epifauna menempel pada soft sedimen dan hard bottoms, sementara yang infauna tinggal di dalam soft seidmen. Terumbu karang merupakan habitat benthik yang sangat produktif dan kekayaan  species yang sangat banyak.
- Nekton
Merupakan organisme tertinggi pada level trophic yang aktif berenang menggunakan air untuk mencari mangsa. Termasuk di dalamnya adalah ikan, mamalia laut, reptile laut, dan beberapa burung.   

Lingkungan organisme estuari dan laut ini keberadaannya sangat penting sebagai pendukung berbagai macam oraganisme mulai dari protozoa terkecil hingga mamalia yang paling besar. Di dalamnya termasuk faktor-faktor fisika, kimia, dan biologi yang mempengaruhi kelimpahan, distribusi dan keragaman organisme tersebut. Selain itu, memberikan informasi tentang komunitas estuari dan laut serta bagimana kompleksitas dan dinamisme habitat yang mereka gunakan.

No comments:

Post a Comment